Cara Crimping Kabel yang baik dan benar


Assalamualaikum wr.wb
Bertemu lagi bersama saya Muhammad Arief Rahman, pada kesempatan kali ini saya akan membahas CARA CRIMPING KABEL YANG BAIK DAN BENAR.

A. LATAR BELAKANG
Karena Crimping Kabel merupakan awal belajar Mikrotik.

B. MAKSUD DAN TUJUAN
Mengetahui cara Melakukan Crimping Kabel yang baik dan benar.

C. ALAT & BAHAN
- Tang Crimping
- Kabel UTP
- Konektor RJ 45
- LAN Tester

D. WAKTU
Tergantung dengan Ketrampilan yang kita miliki.

E. PEMBAHASAN
Tang Crimping
 
Merupakan peralatan untuk meng-crimping RJ 45 yang sudah terpasang dengan benar di kabel UTP  dengan fungsi sebagai berikut
- Memotong kabel
- Mengelupas kulit kabel
- Meng-crimping RJ 45


Kabel UTP


Kabel UTP adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.
Kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda. Kabel UTP tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, namun jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang relatif murah dan fungsinya yang memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan.

Kabel UTP terdiri dari 2 jenis, yaitu Straight dan Cross, kabel straight digunakan untuk menghubungkan dua buah hardware yang berbeda seperti menghubungkan PC ke Switch/Hub, dan kabel Cross digunakan untuk menghubungkan dua buah hardware yang sama seperti dari PC ke PC, Laptop ke Laptop.


Untuk membuat kabel Straight, susunan warnanya adalah :

1.Putih Orange
2.Orange
3.Putih Hijau
4.Biru
5.Putih Biru
6.Hijau
7.Putih Coklat
8.Coklat

Untuk membuat kabel Cross, susunannya adalah :

1.Putih Hijau
2.Hijau
3.Putih Orange
4.Biru
5.Putih Biru
6.Orange
7.Putih Coklat
8.Coklat

Langkah – langkah Crimping kabel Straight & Cross
Cara meng-Crimping kabel RJ 45 :
1. Kupas kulit kabel selebar 2 cm
2. Susun rapi delapan kabel yang terdapat di dalam sesuai gambar dan penjelasan
3. Luruskan kabel yang kusut
4. Ratakan kabel dengan memotongnya dengan menggunakan Tang Crimping
5.. Setelah urutannya benar atau tidak kusut kabelnya, masukan kedalam konektor RJ 45 pastikan     kabel sudah menyentuh ujung RJ 45 dan jepitlah kabel dengan tang crimping.
6. Setelah menyelesaikan kedua ujung kabel tersebut, uji dengan menggunakan LAN tester, jika semua lampu menyala, berarti kabel tersebut telah crimping dengan benar dan bisa digunakan.

Konektor RJ 45

Adalah kabel konektor Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya.

LAN Tester

Merupakan alat pengetes kabel tetapi lebih spesifik untuk mengetes LAN (kabel UTP) karena kabel konektornya telah disesuaikan. LAN tester digunakan untuk memeriksa benar atau tidaknya sambungan kabel. Untuk tipe straight jika lampu LED (Lighting Emitting Diode) 1 – 8 berkedip.

F. KESIMPULAN
Dari praktek di atas kita dapat mengetahui cara meng-Crimping kabel yang benar. Dan juga saya akan di tantang oleh kelompok saya meng-Crimping kabel dalam waktu 5 menit tetapi saya gagal meng-Crimping dalam waktu 5 menit tersebut.

G. REFERENSI
http://www.adalahcara.com/2013/06/cara-crimping-kabel-utp-ke-rg-45.html
https://ainurrafiramdhani.blogspot.com/2018/01/crimping-kabel.html



1 Comments

Post a Comment