Membuat Topologi Star di Cisco Packet Tracer

Assalamualaikum wr.wb



Bertemu lagi bersama saya Muhammad Arief Rahman, pada kesempatan kali ini saya akan Membuat Topologi Star di Cisco Packet Tracer.

A. MAKSUD & TUJUAN
Ingin memahami tentang topologi star di cisco maka dari itu saya coba – coba membuat topologi star di cisco packet tracer

B. ALAT & BAHAN
- PC/Laptop
- Aplikasi Cisco Packet Tracer

C. PENGERTIAN
Topologi star atau Topologi Bintang merupakan topologi yang sering digunakan di warnet. Karena topologi ini lebih efisien, tapi semua topologi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Kelebihan topologi star ialah tahan terhadap jalur lalu lintas yang sibuk, tingkat keamanan yang termasuk tinggi dan paling fleksibel. Dan kekurangannya ialah boros dalam pemakaian kabel, jaringan tergantung pada terminal pusat, dan biaya jaringan lebih mahal daripada bus atau ring.

D. PEMBAHASAN
Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka aplikasi Cisco Packet Tracer di desktop maupun di terminal Linux. (Kalo saya membuka aplikasi Cisco Packet Tracer di Terminal Linux).





2. Siapkan :
 5 buah PC
 1 buah Server
 1 buah Switch (2950 – 24)
3. Sambungkan semua PC ke switch dan switch ke PC Server dengan kabel. 
 

     Setelah selesai seperti gambar di bawah ini.



4. Berikan IP Address pada PC & Server
 a. kita berikan IP Address pada server terlebih dahulu agar lebih mudah, saya berikan IP Server 192.168.20.1




 b. Setelah itu kita berikan IP client saya memberikan IP PC 1 (192.168.24.10) hingga ke PC 5 (192.168.24.14)




5. Setelah itu kita PING dengan perintah 192.168.24.13, jika sudah seperti gambar di bawah ini sudah berhasil. Selanjutnya juga seperti itu mengecek apakah satu PC dengan lainnya sudah terhubung.




E. WAKTU
(08.00 – 12.00 wib)
(13.00 – 16.00 wib)
Kapan saja selagi ada niatan untuk membaca dan memahami.

1 Comments

Post a Comment