Simulasi Membuat DHCP Server pada Jaringan

Assalamualaikum wr.wb
Bertemu lagi bersama saya Muhammad Arief Rahman. Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang Simulasi Membuat DHCP Server pada Jaringan.

A. PENGERTIAN
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang akan memberikan konfigurasi secara dinamis/automatis terhadap host. Salah satunya untuk konfig IP Address secara otomatis.

B. LATAR BELAKANG
Karena DHCP server sangat mudah pengalokasian IP Address pada suatu jaringan.

C. MAKSUD & TUJUAN
Ingin tahu cara membuat simulasi DHCP Server

D. ALAT & BAHAN
- 1 Switch
- 1 Server
- 5 PC

E. LANGKAH – LANGKAH
1. Membuat topologi seperti gambar dibawah

2. Double klik Server0. Pilih tab Config. Pada menu Interface, pilih Fast-Ethernet. Pada bagian IP Configuration, isikan dengan IP address server.

3. Masih di jendela properties Server0 pada menu Services, pilih DHCP. Pastikan service DHCP On. Isikan blok ip address akan yang diberikan.

4. Melakukan Request DHCP, double klik PC0 hingga  muncul jendela properties PC0. Pilih tab Desktop. Pada menu yang ada, pilih menu IP Configuration.

5. Pastikan pilihan radio button pada pilihan DHCP.

6. Setelah konfigurasi selesai, silahkan mengecek konfigurasi IP pada PC0 yang sebelumnya telah di-set ke DHCP. Terlihat IP Address yang diberikan oleh DHCP Server adalah 192.168.10.2 lengkap dengan subnetnya 255.255.255.0

7. Lakukan hal yang sama terhadap PC1, PC2, PC3, PC4.

F. WAKTU
kurang dari 30 menit

G. KESIMPULAN
Dari hasil percobaan diatas dapat disimpulkan bahwa
1. Pemberian Ip address otomatis memanfaatkan protokol DHCP. Host yang melakukan layanan pemberian IP address disebut server DHCP.

2. Workstation baru mendapat konfigurasi host dari DHCP server hanya jika layanan DHCP server memang ada dan statusnya On.


H. REFERENSI
1 EBOOK PELAJAR PACKET TRACER.pdf

0 Comments