Mengenal Samba

Assalamualaikum wr.wb
Bertemu lagi bersama saya Muhammad Arief Rahman. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Pengenalan Samba.

A. PENGERTIAN
Samba adalah software open source dan gratis yang memberikan fasilitas sharing data, file dan printer. Berjalan di Linux/Unix serta variasinya, Samba menyediakan jasa pertukaran file dan print yang cepat, aman dan stabil. Dengan lebih mudah dapat dikatakan Samba memungkinkan adanya jaringan kombinasi antara komputer linux dan windows yang mempunyai protokol berbeda.
Nama Samba berasal dari SMB (Server Message Block). Yaitu merupakan protokol standar yang digunakan oleh file system windows. Dengan menggunakan Samba, komputer dengan sistem operasi berbasis Unix bisa berperan sebagai file dan print server yang menggunakan SMB sebagai protokol dan bisa mengakses file dan printer yang di-share oleh komputer berbasis Windows.

- Konsep
Samba terdiri dari dua program, yaitu SMBD (Server Message Block Daemon) dan NMBD (NetBIOS Message Block Daemon). Kedua program tadi berjalan di background. SMBD bertugas menjadi file server yang akan membuatkan proses baru untuk setiap client yang aktif. Sementara NMBD akan mengubah NetBIOS komputer-komputer yang terhubung di jaringan menjadi alamat IP. NMBD juga bertugas memantau proses sharing yang ada di jaringan.

- Manfaat
Samba bermanfaat sebagai jembatan antar komputer yang memiliki protokol yang berbeda. Biasanya samba dijalankan di komputer berbasis selain windows untuk membuat suatu jaringan kombinasi dengan komputer berbasis windows. Sehingga pertukaran file bisa dilakukan antar komputer berbeda protokol tersebut. Tujuan dari samba ialah untuk menghilangkan barir perbedaan sistem operasi komputer dalam satu jaringan.
Dengan Samba, operasi-operasi berikut ini dapat dilakukan :
1. Menjadi file server di antara mesin-mesin yang berbeda platformnya, baik Windows ataupun Linux.
2. Menyediakan layanan sharing printer.
3. Bertindak sebagai pengatur domain untuk jaringan berbasis Windows.
4. Bertindak sebagai klien di domain Windows.


B. LATAR BELAKANG
Ingin mempelajari tentang File sharing menggunakan Samba.

C. MAKSUD & TUJUAN
Ingin membagi ilmu saya.

D. KESIMPULAN
Dari penjelasan di atas bahwa samba bermanfaat sebagai jembatan antar komputer yang memiliki protokol yang berbeda.

E. REFERENSI
https://iks32753.wordpress.com/2012/04/03/file-sharing-menggunakan-samba/
 

0 Comments