Macam - Macam Serangan Internet


Assalamualaikum wr.wb
Bertemu lagi bersama saya Muhammad Arief Rahman. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Macam - Macam Serangan Internet..

A. PENGERTIAN 
Social engineering adalah manipulasi psikologis dari seseorang dalam melakukan aksi atau menguak suatu informasi rahasia. Social engineering umumnya dilakukan melalui telepon atau Internet. Social engineering merupakan salah satu metode yang digunakan oleh hacker untuk memperoleh informasi tentang targetnya, dengan cara meminta informasi itu langsung kepada korban atau pihak lain yang mempunyai informasi itu. 

B. LATAR BELAKANG
Karena masih banyak yang tidak paham Macam - Macam serangan internet.

C. MAKSUD & TUJUAN
Ingin memahami Macam - Macam serangan internet.

D. PEMBAHASAN
Macam - macam penyerangan ada 3 yaitu : 

1. Phising
Phising adalah suatu metode yang digunakan oleh hacker untuk mendapatkan user dan password dengan cara fake login atau login palsu yaitu dengan cara mengelabui korban melalui web palsu yang menterupai aslinya.


2. Pretexting
Pretexting adalah praktek kebohongan yang telah direncanakan dengan matang, Teknik ini biasanaya dilakukan dengan berpura-pura menjadi pihak dari perusahaan yang sedang meminta identitas korban yang tanpa korban sadari bahwa yang meminta data tersebut bukan pegawai dari perusahaan aslinya.


3. Vishing
Vishing adalah telepon yang setara dengan phising. Hal ini digambarkan sebagai tindakan menggunakan telepon dalam upaya untuk menipu pengguna agar menyerahkan informasi pribadi yang akan digunakan untuk pencurian identitas. Scammer biasanya berpura-pura menjadi bisnis yang sah, dan membodohi korban untuk berpikir bahwa dia akan mendapatkan keuntungan.





E. KESIMPULAN
Dari penjelasan di atas kita bisa memahami apa saja macam - macam serangan internet tersebut.

F. REFERENSI 
https://en.wikipedia.org/wiki/Social_engineering_(security) 

0 Comments