Cara Membuat Hotspot di Mikrotik


Assalamualaikum wr.wb
Bertemu lagi bersama saya Muhammad Arief Rahman. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Cara Membuat Hotspot di MikroTik.

A. LATAR BELAKANG
Karena menggunakan kabel membutuhkan bahan yang banyak, maka saya menggunakan hotspot saja.

B. MAKSUD & TUJUAN
Dapat mengakses Internet lebih mudah.

C. PEMBAHASAN 
- Pertama kita tentukan interface yang akan dibuatkan hotspot, karena kita membuat hotspot via wifi maka kita menggunakan interface WLAN. Untuk membuat interface silahkan pilih Wireless > Add > Virtual.

- Setelah memilih virtual maka akan muncul halaman New Interface setelah itu pilih wireless > pada mode kita pilih ap bridge > kemudian pada SSID "tulis nama hotspot sesuai keinginan anda" > biarkan yang lain default > kemudian pilih Apply.

- Maka wlan 2 sudah sukses di buat.

- Kemudian setting IP Address pada wlan2, dengan cara IP > Address.


- Sekarang kita membuat Hotspot, dengan cara IP > Hotspot, pada menu hotspot kalian pilih Hotspot setup.


- Setelah anda memilih hotspot setup, kemudian pada hotspot interface pilih ethernet yang akan kita buat Wifi.

- Selanjutnya kita lihat apakah IP sudah sama dengan wlan 2, kemudian klik masquerade network.

- Menentukan range IP Address yang akan di berikan user ( DHCP ). Misalnya seperti gambar di bawah.

- Pada SSL Certificate, pilih none saja, kemudian next.

- IP Address untuk SMTP biarkan kosong saja.

- Memasukan Alamat DNS Server, isikan saja DNS Server Google : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4. Kemudian next.

- Pada DNS name, isi sesuai dengan keinginan anda, DNS name berguna untuk menggantikan alamat IP di wlan2 pada URL halaman login.

- Hotspot sudah berhasil di buat.

- Silahkan buka web Browser akses sembarang saja, misalnya www.youtube.com maka akan di alihkan ke halaman login Hotspot Mikrotik. 


D. KESIMPULAN
Kesimpulannya saya bisa paham cara membuat Hotspot dan dengan membuat hotspot untuk saya gunakan untuk kebutuhan saya.

0 Comments