Bertemu lagi bersama saya Muhammad Arief Rahman. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Analisa SWOT.
A. PENGERTIAN
SWOT merupakan
metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi
kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunities),
dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (Strengths,
Weaknesses, Opportunities, dan Threats). SWOT akan lebih baik di
bahas dengan menggunakan yang dibuat dalam kertas besar, sehingga
dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.
Proses ini
melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau
proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang
mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis
SWOT dapat diterpkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai
hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam
bentuk gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana
kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage)
dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara
mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan
(advantage) dari peluang (opportunities) yang ada,
selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi
ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara
mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman
(threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Teknik ini dibuat
oleh
Albert
Humphrey,
yang memimpin proyek riset pada Universitas
Stanford pada
dasawarsa 1960-an
dan 1970-an
dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune
500.
B.
LATAR BELAKANG
Sebelum
kita melakukan suatu Projek kerja kita harus memahami Analisa SWOT
C.
REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT
0 Comments
Post a Comment