Pengertian Jaringan LAN, MAN, & WAN

Assalamualaikum wr.wb
Bertemu lagi bersama saya Muhammad Arief Rahman. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Pengertian Jaringan LAN, MAN ,& WAN 

A. PENGERTIAN
- Jaringan LAN ( Local Area Network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer, kampus,gedung, kantor dalam rumah, sekolah, LAN ini memiliki kecepatan transfer data dari 10 – 1000 mbit/s, LAN memiliki karakteristik sebagai berikut :
. Mempunyai pesat data yang tinggi
. Meliputi wilayah geografi yang sangat kecil
. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi dari operator telekomunikasi

- Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data yang berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya, MAN ini gabungan dari beberapa LAN. Luas yang di cukup sekitar 10 – 60 kilometer.

- Jaringan WAN (Wide Area Network) adalah suatu jaringan luas/besar yang dapat mencakup kota – kota, negara, dan benua. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal.

B. MAKSUD & TUJUAN
Dengan mengetahui area – area ini kita bisa lanjut ke tingkat atas lagi pembelajaran kita. Karena kita harus mempelajari dasar – dasar nya dulu.

C. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_wilayah_lokal https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_area_luas https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_wilayah_metropolitan

0 Comments